ads
Raffi Ahmad Terima Gelar Doktor Kehormatan, Netizen Sorot Validitas Universitas

Raffi Ahmad Terima Gelar Doktor Kehormatan, Netizen Sorot Validitas Universitas

Smallest Font
Largest Font

Beritadata - Raffi Ahmad menjadi topik perbincangan di kalangan netizen setelah mengumumkan bahwa dirinya menerima gelar doktor kehormatan atau Honoris Causa (HC) dari sebuah universitas di Thailand.

Raffi membagikan kabar tersebut melalui media sosialnya pada Jumat (27/9). Gelar yang ia terima berfokus pada bidang ‘Manajemen Acara’ dan ‘Pengembangan Digital Global’.

Dalam unggahan tersebut, Raffi juga memperlihatkan video dan foto yang menunjukkan momen dirinya naik ke podium untuk menerima sertifikat dari Universal Institute of Professional Management (UIPM), Thailand. Ia mengungkapkan rasa terima kasihnya atas penghargaan non-akademis ini, yang ia dedikasikan untuk keluarga, mentor, teman, rekan kerja, tim, serta semua pihak yang telah membimbingnya selama ini.

Namun, pengumuman tersebut menuai banyak pertanyaan dari netizen. Sebagian dari mereka mempertanyakan latar belakang pendidikan Raffi Ahmad yang diketahui hanya pernah menempuh kuliah di Universitas Paramadina dan Universitas Terbuka. Selain itu, beberapa netizen juga mempertanyakan kompetensi dan bidang keilmuan yang membuat Raffi Ahmad layak menerima gelar kehormatan tersebut.

Raffi pun merespons berbagai pertanyaan tersebut dengan membagikan sebuah video yang menjelaskan kiprahnya di bidang yang bersangkutan, hingga dianggap pantas mendapatkan penghargaan tersebut.

Dalam unggahan tersebut, Raffi menekankan pentingnya kerja sama tim dan profesionalisme, terutama dalam manajemen acara, yang telah ia tekuni selama bertahun-tahun di dunia hiburan. Meskipun begitu, perdebatan dan kritik dari netizen terus berlanjut. Pada akhir pekan, beberapa netizen bahkan mencoba menelusuri lebih jauh tentang universitas yang memberikan gelar kepada Raffi Ahmad.

UIPM Tidak Terdaftar di Kemdikbudristek

Pemberian gelar kehormatan kepada Raffi Ahmad membuat UIPM menjadi sorotan. Banyak yang mempertanyakan status operasional, akreditasi, lokasi kantor, dan siapa pengelola kampus tersebut.

Bagaimana status UIPM di Indonesia?

Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT, Tjokorde Walmiki Samadhi, menjelaskan bahwa tugas BAN-PT adalah mengakreditasi perguruan tinggi yang terdaftar di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti), yang dikelola oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

"Sejauh yang saya tahu, UIPM adalah lembaga pendidikan internasional daring yang tidak terdaftar di PDDikti Kemdikbudristek," kata Tjokorde seperti yang dilansir oleh Kompas.com, Selasa (1/10).

Tjokorde menambahkan bahwa karena UIPM tidak terdaftar di PDDikti, institusi tersebut tidak berwenang menerbitkan ijazah dengan Penomoran Ijazah Nasional yang diakui oleh Kemdikbudristek. Selain itu, gelar akademik yang diberikan oleh institusi yang tidak terdaftar di PDDikti, seperti UIPM, tidak diakui secara hukum di Indonesia.

Namun, Tjokorde juga menambahkan bahwa selama UIPM tidak menerbitkan ijazah nasional, institusi tersebut tidak melanggar peraturan pendidikan yang berlaku.

"Tidak ada regulasi pendidikan yang dilanggar selama mereka tidak menerbitkan ijazah nasional," jelasnya.

Telusuri Alamat Kampus

Seorang netizen yang tinggal di Bangkok, Thailand, baru-baru ini mencoba menelusuri keberadaan Universal Institute of Professional Management (UIPM) di Thailand. Setelah dilakukan pencarian, ternyata alamat yang ditemukan justru menunjukkan lokasi sebuah hotel, bukan institusi pendidikan seperti kampus atau universitas.

Temuan ini memicu reaksi dari netizen lain untuk menelusuri lebih lanjut mengenai alamat UIPM di negara-negara lain.

Salah satu netizen dengan akun bernama @ardisatriawan berusaha mencari lokasi kampus UIPM yang beralamat di Amerika Serikat. Berdasarkan informasi di situs resmi uipm.ac.id, alamat UIPM di Amerika Serikat tercatat berada di 424 Paula Court #18, Santa Clara-95050, California, USA.

Namun, ketika netizen tersebut mencoba mengecek lokasi tersebut melalui Google Maps, hasil yang muncul menunjukkan sebuah bangunan yang tampak lebih menyerupai rumah tinggal, bukan kampus.

Dari gambar yang dibagikan, tidak terlihat adanya bangunan yang mirip dengan kampus. Lokasi tersebut lebih menyerupai deretan rumah di kawasan pemukiman.

Tim Editor
Daisy Floren

Apa Reaksi Kamu?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow
ads
ads
ads