ads
Ajak Youtuber ke Hotel, Pejabat Kemenhub Asri Damuna Dibebastugaskan

Ajak Youtuber ke Hotel, Pejabat Kemenhub Asri Damuna Dibebastugaskan

Smallest Font
Largest Font

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akhirnya mencopot jabatan Asri Damuna yang sebelumnya merupakan Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Sangia Nibandera Kolaka, Sulawesi Tenggara. Pencopotan ini sebagai sanksi yang diberikan Kemenhub lantaran beredarnya video Asri yang mengajak seorang Youtuber perempuan untuk pergi ke hotel tempat Asri menginap. 

“Kami dari Kemenhub begitu menyesalkan sampai ada video viral yang melibatkan salah satu pegawai kami, Asri Damuna. Yang bersangkutan saat ini sudah dibebastugaskan guna mempermudah penyelidikan yang tengah berjalan,” ujar Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati dalam keterangan tertulisnya, mengutip dari Tempo, Jumat (10/5). 

Budi Karya Sumadi selaku Menteri Perhubungan (Menhub) juga telah memberikan tanggapan atas beredarnya video Asri Damuna, dan langsung memerintahkan kepada jajarannya untuk mendapatkan informasi lebih detail soal peristiwa tersebut. Apabila Asri terbukti melakukan kesalahan dan pelanggaran, maka bakal mendapatkan sanksi sesuai dengan aturan yang berlaku. 

“Apabila nantinya terbukti benar, itu berarti yang bersangkutan tidak mampu menjaga marwah sebagai seorang Aparatur Sipil Negara (ASN). Jadi kemungkinan besar bakal ada sanksi internal terkait masalah itu,” lanjut Adita. 

Adita pun berharap supaya peristiwa yang sama tidak kembali terjadi, dan para pejabat serta pegawai lainnya mampu menjaga marwah dan juga etika ketika bertugas atau pun sedang berada di tengah masyarakat. 

Sebelumnya, sebuah video viral di jagad media sosial yang menampilkan seorang Youtuber perempuan asal Korea Selatan bernama Jiah tengah merekam dan menyiarkan aktivitasnya yang sedang makan di sebuah rumah makan. 

Tiba-tiba Asri Damuna mendatangi Jiah dan bertanya apakah dirinya diizinkan untuk bergabung dan duduk di sebelah Jiah. Dalam peristiwa itu, Asri mengaku bernama Albert, dan meminta untuk dipanggil Om Albert. 

“Menginapnya di mana?” tanya Asri kepada Jiah

“Di dekat sini,” jawab Jiah.

“Mampir ke hotel aku boleh,” lanjut Asri seakan mencoba merayu Jiah.

Video berakhir dengan Jiah yang menjawab tawaran untuk pergi ke hotel, bahwa dirinya tidak lama lagi harus melanjutkan perjalanannya dengan naik perahu.

Asri tidak sendirian saat peristiwa itu, dan belakangan diketahui ada sosok pria lain yang bernama Alex yang merupakan rekannya. 

Klarifikasi Om Albert

Om Albert alias Asri Damuna sempat memberikan pernyataan sebagai klarifikasi atas perilakunya yang mengajak Youtuber asal Korea Selatan untuk menginap di hotel. 

Dari penjelasan Asri, awalnya dia bersama rekannya Alex, tengah makan di sebuah rumah makan yang berada dekat dari hotel mereka menginap. Waktu itu dia mengaku ruang utama di tempat makan tersebut sedang penuh. Dia pun lantas masuk ke ruang sebelah, di mana Jiah tengah membuat konten. 

“Youtuber Korea ini yang ngajak bergabung, tapi itu sebelum melakukan untuk syuting itu. Setelah kita bergabung, makanannya orang itu digabung sama kita. Setelah digabung sama kita, dia kemudian meminta izin, ‘Om boleh gabung makan di sini sekalian ambil gambar’. Terus saya pun bilang boleh,” tutur Asri dalam pengakuannya. 

Kemudian mereka pun saling bercakap-cakap, di mana Jiah sempat bertanya banyak hal mulai lokasi wisata sampai makanan khas asal tempat Asri. Setelah makan, Jiah menanyakan di mana tempat Asri menginap, yang kemudian dijawab menginap di hotel yang letaknya tidak jauh dari tempat makan. 

“Saya bilang itu saya menginap di hotel depan sana, di Swiss Bell. Saya bilang kalau mau mampir silakan,” lanjut Asri. 

Asri pun menegaskan jika video yang kemudian viral itu sudah diedit dan tidak menampilkan peristiwa secara keseluruhan, sehingga kemudian publik pun memberikan tanggapan yang negatif. 

“Intinya, soal ajakan itu karena dia yang memulai. Dia bertanya abang menginap di mana. Saya jawab di sebelah situ, kalau mampir silakan. Dia kemudian jawab tidak bisa karena mau pergi ke tempat wisata,” pungkas Asri.

Dirinya pun kembali menegaskan tidak ada sama sekali niat untuk menggoda Jiah. Asri berdalih hanya tidak melarang kalau Jiah nantinya mau mampir di hotel tempatnya menginap. 

Tim Editor
Daisy Floren

Apa Reaksi Kamu?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow
ads
ads
ads