ads
Di Balik Viral Boneka Labubu Yang Dipopulerkan Lisa Blackpink

Di Balik Viral Boneka Labubu Yang Dipopulerkan Lisa Blackpink

Smallest Font
Largest Font

Beritadata - Tren gaya hidup terus berkembang, dan kali ini yang menjadi sorotan adalah boneka berbulu yang menghiasi tas-tas mewah seperti Birkin. Agustus lalu, banyak orang bergegas menuju Singapore’s Pop Toy Show dengan satu tujuan: boneka Labubu.

Bagi yang belum familiar, Boneka Labubu adalah karakter peri berbulu yang diciptakan oleh Kasing Lung, seorang seniman asal Hong Kong. Karakter ini dikenal dengan ciri khasnya, yaitu telinga runcing, senyum licik, dan gigi tajam. Walaupun diperkenalkan pada tahun 2015, Labubu menjadi populer karena berbagai alasan, termasuk dukungan dari selebriti seperti Lisa dari Blackpink.

"Peningkatan popularitas Labubu sebagian besar dipicu oleh postingan organik dari Lisa Blackpink awal tahun ini. Boneka ini kemudian menjadi meme online dan memicu demam pembelian di Thailand, di mana banyak selebriti lokal dan influencer mencari koleksi blind box ini. Tren tersebut kemudian meluas ke tokoh-tokoh terkemuka lainnya seperti anggota keluarga kerajaan Thailand dan senator. Tren ini kemudian menyebar ke Asia Tenggara dan kembali ke Tiongkok serta pasar internasional lainnya,” ungkap Kevin Zhang, Kepala Kemitraan Strategis Pop Mart International.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang boneka berbulu ini, mulai dari asal-usulnya hingga tempat untuk mendapatkannya.

Apa Itu Boneka Labubu?

Pada tahun 2015, Kasing Lung menciptakan Labubu sebagai bagian dari kelompok makhluk yang disebut The Monsters, yang juga mencakup karakter seperti Zimomo dan Tycoco. Karakter-karakter ini terinspirasi oleh dongeng Nordik dan awalnya digambar untuk buku anak-anak.

Pada tahun 2019, Lung menjalin kerja sama eksklusif dengan perusahaan mainan Tiongkok, Pop Mart, yang dikenal dengan mainan koleksinya yang dijual dalam blind box. Kemitraan ini mengubah The Monsters dari karakter buku cerita menjadi mainan yang bisa dikoleksi. Sejak itu, Labubu telah dirilis dalam berbagai bentuk, warna, dan ukuran, menarik minat para penggemar di seluruh Asia. Boneka ini juga tersedia dalam berbagai format, mulai dari boneka berbulu hingga figur vinil.

Mengapa Boneka Labubu Sangat Populer?

Melansir dari Tatler Asia, Karakter ini mulai menarik perhatian ketika Kasing Lung merilis seri cerita yang menampilkan Labubu sembilan tahun yang lalu.

Meskipun Labubu diperkenalkan pada 2015, karakter ini belakangan menjadi aksesori yang digandrungi berkat Lisa dari Blackpink. Pada April lalu, Lisa memposting video di Instagram Story-nya saat ia memeluk boneka Labubu dari seri The Monsters - Fall in Wild. Dalam beberapa bulan berikutnya, ia juga terlihat menghiasi tas Kaithe Elena dan Birkinnya dengan gantungan Labubu.

Dalam wawancara dengan Tatler Thailand pada Mei lalu, Lung mengungkapkan bahwa ia mengirimkan boneka Mega Labubu Tec kepada Lisa sebagai bentuk terima kasih atas dukungannya.

"Saya berharap dia menyukainya," katanya.

Postingan Instagram Lisa membuat popularitas Labubu meningkat tajam, terutama di Thailand. Dukungan dari bintang K-pop ini menjadikan Labubu aksesori yang diminati penggemar di Thailand, bahkan Menteri Kantor Perdana Menteri Thailand, Puangpet Chunlaiad, sempat mengeluarkan peringatan tentang boneka palsu.

Selain Lisa, beberapa selebriti Thailand lainnya juga memposting foto mereka bersama boneka Labubu di media sosial, termasuk aktor Mario Maurer, aktris Janjira Janpitakchai, dan model Araya Alberta Hargate.

Thailand kini menjadi negara dengan stok boneka Labubu terbesar di Asia, membuat koleksi ini mudah diakses oleh para penggemarnya. Ini juga mendorong pembukaan toko konsep Labubu di Bangkok, yang merupakan toko konsep pertama di luar Tiongkok.

Pemerintah Thailand bahkan bekerja sama dengan Pop Mart untuk memanfaatkan popularitas Labubu dalam mempromosikan pariwisata. Tahun ini, maskot Labubu berukuran besar dengan pakaian tradisional Thailand mengunjungi Bangkok selama empat hari untuk mengunjungi tempat-tempat wisata dan ikut serta dalam kegiatan budaya.

Di Mana Bisa Mendapatkan Boneka Labubu?

Boneka Labubu bisa dibeli di berbagai tempat. Pop Mart memiliki beberapa gerai ritel di Singapura yang memungkinkan pembelian langsung. Selain itu, situs web resmi Pop Mart Singapura juga memberikan informasi tentang lokasi toko dan produk yang ditawarkan. Boneka ini juga tersedia di berbagai platform online seperti Carousell. Namun, pastikan untuk membeli dari sumber yang terpercaya untuk menjamin keaslian produk.

Acara seperti Pop Toy Show sering kali menampilkan boneka Labubu edisi terbatas, seperti gantungan eksklusif Merlion Labubu di Singapura. Boneka ini sering dijual dalam blind box, menambah unsur kejutan dalam proses pembelian. Karena popularitasnya, boneka-boneka ini sering cepat terjual habis.

Demam Labubu belum juga mereda, terlihat dari keramaian yang terjadi di Pop Toy Show di Sands Expo, Marina Bay Sands Convention Centre. Karena tingginya permintaan, tanggal penjualan berikutnya bahkan dibatalkan. Berbagai merchandise Labubu juga telah habis di situs resmi Pop Mart Singapura.

Dengan pesona yang unik dan popularitas yang terus meningkat, tren gaya berikutnya tampaknya akan terus merambah, dengan boneka berbulu sebagai bagian dari daya tariknya.

Tim Editor
Daisy Floren

Apa Reaksi Kamu?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow
ads
ads
ads