ads
Satpam Plaza Indonesia Dipecat Karena Pukul Anjing, Ternyata Demi Selamatkan Anak Kucing

Satpam Plaza Indonesia Dipecat Karena Pukul Anjing, Ternyata Demi Selamatkan Anak Kucing

Smallest Font
Largest Font

Seorang petugas keamanan di Plaza Indonesia telah diberhentikan menyusul tersebarnya video di media sosial yang menunjukkan dia memukul seekor anjing. Salah satu video yang tersebar luas itu diposting oleh akun X @sugaxcha pada tanggal 6 Juni 2024, yang memicu reaksi keras dari netizen.

Dalam cuitan yang diunggah, akun itu meminta bantuan pengguna X untuk menanggapi kejadian tersebut, menekankan bahwa tindakan pemukulan terhadap kepala anjing oleh petugas keamanan di pusat perbelanjaan ternama itu sangat tidak pantas.

Terpisah Nasarius, petugas keamanan yang terlibat, memberikan klarifikasi terkait dengan video dirinya memukuli seekor anjing. Dia mengungkapkan bahwa dirinya merasa terpaksa bertindak demikian terhadap anjing bernama Fay, yang merupakan Belgian Malinois berumur dua tahun, setelah anjing itu menggigit seekor anak kucing.

Video permintaan maaf dari Nasarius telah beredar luas, di mana ia menjelaskan situasi yang menunjukkan dirinya terlihat memukul anjing di gerbang Plaza Indonesia. Dalam video tersebut, Nasarius, yang bertanggung jawab atas anjing bernama Fay, menyatakan, “Nama saya Nasarius, saya bertanggung jawab atas Fay, anjing yang terlibat insiden di Plaza Indonesia.”

Dengan nada menyesal, ia melanjutkan, “Saya benar-benar minta maaf. Anjing itu milik saya, dan saya sayang sama dia” sambil menahan tangis.

Dia mengungkapkan bahwa tindakannya adalah tindakan terakhir untuk membuat Fay melepaskan gigitannya dari seekor anak kucing.

“Saya harus mengambil langkah tersebut supaya Fay mau melepaskan gigitannya pada anak kucing. Fay sangat berarti bagi saya, dia adalah anjing saya,” tuturnya.

Rekaman CCTV yang juga tersebar menunjukkan upaya Nasarius untuk membebaskan anak kucing dari cengkeraman Fay sebelum insiden tersebut terjadi.

Putus Kerjasama Dengan Vendor

Sebagai tanggapan terhadap insiden pemukulan anjing yang menjadi viral dan melibatkan seorang petugas keamanan, manajemen Plaza Indonesia telah memutuskan hubungan dengan vendor yang bersangkutan. Dalam sebuah pernyataan resmi, manajemen Plaza Indonesia menyampaikan permohonan maaf kepada para pelanggan atas insiden tersebut.

“Kami ingin menyampaikan permohonan maaf sekali lagi kepada pelanggan kami yang terhormat atas insiden yang terjadi dengan vendor keamanan K9 di fasilitas kami,” kata mereka dalam pernyataan itu.

Mereka menambahkan, “Fay, anjing Belgian Malinois berumur dua tahun, telah menjadi bagian dari Plaza Indonesia sejak Januari 2024. Kami selalu berkomitmen pada integritas dan standar etika tertinggi, dan tidak pernah membenarkan kekerasan terhadap hewan dalam bentuk apa pun.”

Plaza Indonesia juga menyatakan telah mengambil langkah tegas dengan mengakhiri kerjasama dengan perusahaan keamanan tersebut.

“Setelah meninjau lebih lanjut insiden ini, kami menemukan bahwa vendor tidak memenuhi standar operasional yang kami tetapkan. Karena itu, kami telah memutuskan untuk mengakhiri kerjasama dengan vendor tersebut, efektif segera,” tegas mereka.

Plaza Indonesia juga telah memeriksa kondisi anjing yang terlibat untuk memastikan kesejahteraannya.

“Kami meminta maaf atas kejadian ini dan mengucapkan terima kasih atas pengertian Anda,” tutup mereka dalam pernyataan tersebut.

Luna Maya Awalnya Ikut Mengecam

Luna Maya awalnya mengecam perilaku petugas keamanan di Plaza Indonesia yang terlihat memukul anjing dalam sebuah video. Namun, setelah mengetahui konteks sebenarnya, dia menyampaikan rasa penyesalannya. Dalam komentar Instagram pada unggahan Natha Satwa Nusantara dan Davina Veronica, Luna Maya mendesak Plaza Indonesia untuk menyelidiki petugas keamanan tersebut, menyoroti perlunya empati terhadap hewan yang bertugas menjaga keamanan.

“Harap diinvestigasi alasan di balik tindakan tersebut, hewan ini bertugas untuk keamanan dan kita perlu staf yang memiliki empati,” tulis Luna Maya.

Akun Instagram yang sama kemudian memposting ulang video CCTV yang menunjukkan petugas keamanan memukul anjing demi menyelamatkan anak kucing yang tergigit. Akun tersebut juga mengundang vendor keamanan untuk berdiskusi dan meminta pemilik rekaman CCTV untuk membagikan seluruh video.

Mereka juga menawarkan untuk memeriksa kesehatan anjing dan kucing yang terlibat untuk memastikan mereka tidak terluka. Akun tersebut juga menandai Robby Purba, yang pertama kali memviralkan aksi petugas keamanan tersebut.

Setelah mengetahui seperti apa yang sebenarnya terjadi di balik video yang viral itu, Luna Maya, melalui komentar, menyetujui tindakan yang diambil oleh akun Instagram dan mengucapkan terima kasih kepada petugas keamanan yang telah menyelamatkan anak kucing.

“Saya mendukung penjelasan yang diberikan. Terima kasih kepada petugas keamanan yang sebenarnya memiliki niat baik untuk menyelamatkan anak kucing,” kata Luna Maya.

Insiden tersebut membuat Luna Maya menyadari pentingnya mempertimbangkan kedua sisi cerita sebelum membuat penilaian.

“Dengan ini, kita semua, termasuk saya, belajar tentang pentingnya memahami kedua sisi cerita sebelum menghakimi,” ucap Luna Maya.

Dia berharap bahwa semua orang akan memahami pentingnya perspektif ini dan masalah dengan petugas keamanan dapat diselesaikan dengan cara yang harmonis.

Tim Editor
Daisy Floren

Apa Reaksi Kamu?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow
ads
ads
ads