ads
3 Cara Merawat Ikan Mas Hias Di dalam Toples yang Gampang

3 Cara Merawat Ikan Mas Hias Di dalam Toples yang Gampang

Smallest Font
Largest Font

Beritadata, Jakarta - Informasi mengenai cara merawat ikan mas terutama untuk jenis hias banyak diperlukan oleh mereka yang suka dengan keindahan ikan. Memelihara ikan menjadi satu pilihan yang bisa dipertimbangkan karena dapat memberikan kesan hidup di dalam sebuah ruangan. Ikan mas hias menjadi salah satu pilihan jenis yang bisa dirawat dengan mudah dan memiliki corak yang menarik serta bisa menyejukkan mata.

Bagi mereka yang baru memulai untuk memelihara ikan mas hias, memahami cara untuk merawatnya jadi salah satu langkah penting untuk dipahami. Kesalahan dalam merawat ikan dapat menyebabkan hasil peliharaan tidak terurus bahkan bisa berakibat menjadi mati. Perawatan jadi satu poin penting yang harus dilakukan dengan benar ketika memelihara ikan termasuk ikan mas hias.

Cara Merawat Ikan Mas Hias Di dalam Toples

Sebagai salah satu bagian dari proses pengting memelihara ikan, perawatan perlu dilakukan dengan benar. Langkah merawat ikan tersebut bisa dijalani untuk menjaga agar ikan mas hias peliharaan dapat hidup dengan normal. Salah satu benda yang bisa dimanfaatkan untuk tempat hidup ikan mas hias ada toples. Berikut cara merawat ikan hias jenis ikan mas secara tepat dalam toples.

1. Pilih Toples yang Tepat

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk merawat ikan mas hias adalah dengan memilih toples secara tepat. Pastikan ukuran toples yang digunakan sesuai dengan kebutuhan ikan. Gunakan toples yang bersih dan pastikan tidak ada sisa isi di dalamnya yang dapat menyebabkan keracunan pada ikan.

2. Gunakan Air yang Berkualitas

Cara merawat ikan mas hias kedua yang krusial adalah memilih air sebgai tempat hidup ikan yang harus berkualitas. Gunakan bahan yang menunjang air berkualitas seperti kaporit. Pastikan menganti air secara berkala agar kualitas dari tempat hidup ikan tersebut tetap terjaga serta harus ada arus dan oksigen.

3. Berikan Pakan Secara Tepat

Langkah penting lainnya yang perlu dilakukan dalam proses merawat ikan mas hias adalah memberikan pakan secara tepat. Berikan pakan sesuai kebutuhan ikan bergatung pada usianya. Jangan berlebihan memberi makan ikan mas hias tersebut agar tidak menimbulkan penurunan kesehatannya.

Karakteristik Ikan Mas Hias yang Perlu Anda Diperhatikan

Cara merawat ikan mas hias selanjutnya juga harus dibekali dengan pemahaman terhadap karakteristiknya. Ada beberapa karakter dari ikan mas hias yang perlu diperhatikan dengan baik, seperti :

1. Bentuk Tubuhnya

Ikan mas memiliki bentuk tubuh yang cenderung pendek dan membulat sehingga lucu untuk dilihat. Mata ikan mas hias terlihat besar dan lebar dengan tubuh bagian samping memiliki guratan sisi.

2. Warna Dasar Ikan yang Umum

Secara umum, ikan mas hias memiliki warna dasar hitam, kuning, putih, dan merah. Ada corak yang terlihat dari kombinasi warna ikan hias tersebut sehingga lebih menarik dan memang cocok dijadikan hewat peliharaan.

3. Habitat Ikan Mas Hias

Ikan mas hias hidup di air dengan pH kirasan 6 sampai 7 dan suhu kurang lebih 27 sampai 30 derajaat celcius. Ikan yang biasa ditemukan di sungai tersebut bisa hidup ideal dengan air habitat yang tepat.

Dengan memperhatikan beberapa cara penting dalam merawat ikan mas hias dalam toples dapat menjamin hewat peliharaan hidup dengan baik. Cara merawat ikan mas hias di toples sangat mudah untuk dilakukan mengingat karakter ikan yang kuat dan tidak mudah mati asal dipelihara dengan baik.

Tim Editor
Daisy Floren

Apa Reaksi Kamu?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow
ads
ads
ads